Rabu, 07 Mei 2014

Sinopsis Novellete KPK Kisah Pecah Kongsi



Tugas B. Indonesia

Nama                    : Aldi Septian (02)                                         : membaca buku Novelete
                             : Rahmat Ali Cahyadi (28)                             : membaca Buku Biografi
Kelas                    : VII-A (tujuh A)
Sekolah                 : SMP Negri 52 Jakarta
Link                      : www.misteriakanselaluada.blogspot.com         
KPKKisah Pecah Kongsi
Pembaca              : Aldi Septian (02)
Kelas                   : VII-A
Resensi
Tema                   : persahabatan Remaja
Judul Buku          : KPK “Kisah pecah kongsi”
Pengarang           : Elzam Zami Cimot
Penerbit              : Citra Media Pustaka
Tahun Terbit        : 2014 M
Tokoh                 : Protagonis        : Restu, Raksa, Anggira, Eki, Ferina
                           : Antagonis         : Pak Har dan Om farid
Kebiasaan tokoh  : Dari berbagai tokoh di novelete tersebut, menjelaskan bahwa kebiasaan tokoh tersebut sangat memuliakan Tuhan dan Agama diantara lainnya. Selain itu tokoh Restu , menolak Tokoh Raksa untuk membicarakan tokoh Eki.
Sifat Tokoh
Restu              : dia adalah tokoh utama dari buku tersebut, dia bersifat baik dan Agamawan. Di dalam buku tersebut menjelaskan bahwa restu sangat sayang dengan sahabat sahabatnya, dia juga merupakan anggota Rohis yang paling Aktif
Raksa              : Si cowok genit ini besifat humoris dan penyayang “ Rabu Ceria”. Dia merupakan pria yang menyukai kesetiaan dan kebaikan. Didalam novellee tersebut , terrnyata dia naksir dengan cewek satu kelas bernama Chaca.
Eki                   : cewek yang satu ini merupakan cewek paling tomboy di SMP nya, saking tomboynya dia, murid cewek pada takut terhadap Eki, keculi 4 sahabatnya.
Fe (ferina)        : perempuan ini sangat teguh dengan aturan agama, dia sosok yang paling Alim dan diceritakan bahwa dia setelah lulus SMP nya, dia memasuki dunia pendidikan pesantren di Yogyakarta.
Anggira            : si cewek cantik ini merupakan sosok yang genit terhadap cowok, tetapi semua kebaikanna sangat terlihat contohnya dia pernah memberikan uang hasil gaji Akting muda film perdananya untuk membayar tiket pesawat pada Raksa dan Restu aga dapat menjenguk si Eki yang terbujur lemah di RS Jakarta setelah tabrakan dengan Truk.
Soppie             : adalah kakak sepupu dari Anggira yang juga sahabatnya anggira, sifat pemarah ini terlihat juga sifat baiknya yang rela memberikan waktu untuk mengantar Anggira ke syuting film keduanya.
Om Farid         : sutraadara dari film perdana Anggira ini selalu membujuk rayuan untuk bermain di film keduanya, tetapi malah kesalahan yang di terima Anggira
Pak Har           : produser film keduanya serta teman Om farid ini sangat meninggikan uang dan mengajak kencan Anggira.
Sinopsis                 
                Kota curup merupakan kota kelahiran mereka para anggota genk (sahabat) Rafflesia dan bergabung bersama yang juga dimana letak SMP mereka berada. Beberapa kejadian seru mereka lantas hanya kenangan belaka mereka yang akhirnya berpisah setelah masuk SMA, Anggira pergi ke Jakarta dan sekolah disana dengan menumpang keluarga om nya, Ferina melanjutkan studi pesantren di Kota Yogya dengan berbekal ilmu yang “cetek”, sedangkan duo R (Raksa dan Restu) dan Eki si tomboy satu sekolah SMA di Curup, Bengkulu, kota bunga Rafflesia,hanya karena satu masalah mereka berppisah. Keseharian mereka berjalan masing maasing, Restu yang mempersiapkan segala hal untuk Mukhyam Rohis di sekolahnya, Raksa yang tampan menggoda dan genit terhadap Chaca, Eki si tomboy yang sibuk dengan pemancingan ikan milik om nya, Anggira yang sibuk dengan syutingnya di Jakarta, dan Fe yang sedang memahami Agama nya di pesantren Yogya dan ingin semua sahabatnya bersatu lagi seperti SMP dulu. Suatu ketika kalender berwarna merah Eki dan Raksa pergi bersama ke pemancingan om nya Eki, kejadian pun tak terhilang dari iingatan mereka. Eki yang sedang membawa motor di depan motor Raksa, mengajak ngobrol dengan Raksa, sehingga ketika tikungan jalan, Eki ngebut dan menabrak Truk besar hingga mental.
                Di lain sisi, Anggira dan Fe berbicara melalui Yahoo, untuk melepaskan rindu mereka. Segala ucapan dari mulut terketik di layar monitar mereka. Padahal mereka berjauhan kota, tetapi persahabatan mereka yang menjadikan mereka bersatu. Segala hal yang berkaitan dengan persahabatan, mereka langsung meresponn dengan baik, mungkin karena sudah dua tahun tidak berkumpul dengan anggota “ Rafflesia”. Di lain sisi juga, Restu melaksanakan Mukhayam bersama siswa siswi sekolahnya d bukit Kaba. Hanya renungan yang selalu menghadiri batin Restu, hingga dia merasa bersalah mengapa aku berbuat salah padanya (Eki)ucap batinnya. Acara itu membuat mereka para siswa/i merenungkan kuasa Tuhan.
                Kenangan 2 tahun lalu membuat mereka semua kelopak Rafflesia teringat hal yang sangat berpengaruh pada mereka sampai saat ini,yaitu ketika kesalah pahaman menjadi faktor pertama. Saat pengambilan nilau ujian praktek olahraga, baju Eki hilang entah kemana, mereka berpikir bahwa Restu lah yang menghilangkannya. Derasan air tangis membanjiri baju Eki,walaupun tomboy, tetapi Ujian praktek tanpa baju Olaahraga bisa membuat nilainya jelek, juga terkait bahwa ini menyangkut masa depan Eki. Mengapa tuduhan terjatuh pada Restu? Karena mereka beranggapan yang terakhir keluar adalah Restu. Kejadian ini membuat Restu sangat terpukul. Kejadian ini lah yang menjadi biang kerok mereka berpisah. Beberapa kejadian sebelum hal ini terjadi, sangat seru untuk di bahas, misalnya ketika Anggira si Cantik menjadi Runner up Ciknga Donga Bengkulu, sahabat sahabatnya rela bolos untuk memberi semangat terhadap Anggira. Di lain sisi , Anggira yang sekarang sudah SMA menjadi primadona Sekolah karena berkat kerja keras di dunia syuting juga berkat bantuan sepupunya, Sopie.
                Setelah beberapa , Ekki yang tebujur lemah di RS jakarta, mereka para Rafflesia datang menjenguk. Isak tangis tak berderai, hingga satu satu dari mereka meluapkan kebohongan yang menjadi biang permusuhan mereka. Kejujuran telah terungkap. Hingga beberapa menit kemudian, Eki menghebuskan nafas terakhir. Kini suasana telah sunyi. Setelah sepeninggal dari kematian Eki, mereka berempat menjalani rutinitas sehari hari .
                Akhir…
                Setelah setahun kemudian, tepat setelah UN, mereka bersatu Di Bengkulu, membuka lembaran rahasia dan lembaran baru. Tamat
Pesan moral       : jangan kita bersalah paham pada  seseorang, karena dibalik kebencian seseorang terdapat kasih sayang orang tersebut pada orang yang dibenci agar karakter sesuai dengan kemauan orang yang membenci
Realitas sosial    : banyak hal seperti ini terjadi, dari berbagai masalah yang berbeda , akibat dari kesalahpahaman seseorang dapat berakibat permusuhan dan saling dendam 
foto/bukti         
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar